Senin, 28 April 2014

Software Open Source

Lambang Open Source
Open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Open source software diambil dari internet kemudian digunakan oleh orang dan diperbaiki apabila ada kesalahan. Hasil perbaikan dari open source ini kemudian dipublikasikan kembali melalui internet yang memungkinkan orang lain menggunakan dan memperbaikinya. Dan begitulah seterusnya. Saat ini sangat mudah mendapatkan open source software di internet.


Software open source sangat dianjurkan untuk pembuatan aplikasi karena open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis dan para pengembang aplikasi yang menggunakan software open source dapat saling berbagi ilmu. Pola open source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Selain itu juga open source dapat mendatangkan keuntungan bagi pembuat aplikasi yang menggunakan software tersebut.


  • Kelebihan dari open source yaitu : 


  1. open source akan memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk dapat mempelajari cara kerja sebuah perangkat lunak dan dapat memodifikasi bahkan membuat produk baru. 
  2. User tidak perlu bergantung pada produk tertentu karena dengan program berlisensi Open Source ini kita dapat membuat produk baru yang tidak kalah dengan produk hasil perusahaan besar. 
  3. Dengan open source, user tidak perlu lagi berurusan dengan virus computer yang biasa menyerang system closed source.

  • Kelemahan dari open source yaitu :

  1. GUI dari software biasanya kurang memuaskan untuk user yang awam.
  2. Terkadang ada beberapa software open source yang tidak bisa menggantikan jenis software berbayar.
  3. Software open source biasanya kurang diminati oleh user awam karena biasanya sulit dalam instalasi atau penggunaan

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka
http://komunitas-os-smkdrsoetomosby.blogspot.com/2013/05/kelebihan-dan-kekurangan-program.html
http://www.organisasi.org/1970/01/penjelasan-pengertian-open-source-software-dan-free-software.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar