Minggu, 20 April 2014

Sertifikasi Profesional IT : Microsoft Certified System Administrator (MCSA)

Pengertian Sertifikasi

Sertifikasi adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional kepada seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik.  Dalam dunia IT, mungkin kita terampil dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office, atau mahir dalam mengoperasikan Linux, atau dalam mengelola sebuah database. Tapi saat masuk ke dunia kerja, adakah yang tahu bahwa kita memang menguasai atau ahli dalam bidang-bidang tersebut? Nah, sebagai salah satu sarana pembuktian bahwa kita memang menguasai bidang tertentu dalam dunia IT ini adalah dengan Sertifikasi IT.

Tujuan Sertifikasi IT

Sertifikasi ini memiliki tujuan untuk :
  •  Membentuk tenaga praktisi IT yang berkualitas tinggi
  •  Membentuk standar kerja IT yang tinggi
  •  Pengembangan profesional yang berkesinambungan.
Sedangkan bagi tenaga IT professional tersebut:
  • Sertifikasi ini merupakan pengakuan akan pengetahuan yang kaya (bermanfaat bagi promosi dan gaji)
  • Perencanaan karir.
Kelemahan pelaksanaan sertifikasi adalah:
  • Biaya Mahal
  • Kemampuan yang kurang memadai

Microsoft Certified System Administrator (MCSA)

The Microsoft Certified Systems Administrator Sertifikasi (MCSA) adalah standar industri untuk menunjukkan kompetensi dalam mengelola sistem operasi Windows Server 2012. Mengingat penggunaan sistem operasi Microsoft Windows Server, banyak profesi IT menggunakan MCSA untuk membuktikan kemampuan mereka di daerah ini. Sertifikasi MCS sangat relevan untuk: sistem administrator, administrator jaringan, administrator sistem informasi, analis operasi jaringan, atau teknisi jaringan. Sertifikasi MCSA dapat diselesaikan dalam berbagai pusat pelatihan berbasis online dan kampus.
MCSA tersedia beberapa sertifikasi yaitu :
  1. MCSA windows server 2012
  2. MCSA windows server 2008
  3. MCSA SQL server 2012
Sumber:http://www.sertifikasi-microsoft.com/p/pelatihan-mcsa.htmlhttp://www.webopedia.com/TERM/M/microsoft_certified_systems_administrator.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar