Kamis, 12 Januari 2012

Cornering




Kali ini saya mau menulis tentang cornering saat berkendara motor. Cornering atau berbelok pada tikungan, pastinya ada tekniknya supaya cornering dapat dilakukan dengan aman dan membawa keselamatan untuk diri sendiri dan orang lain dijalan, cornering berikut dibahas untuk dilakukan pada tikungan-tikungan yang cenderung luas / lebar jalannya, kalo bisa sih cornering di jalan yang benar-benar sepi atau di sirkuit.


Nah berikut adalah cara cornering yang saya tau;

1. Kurangi kecepatan pas di dekat tikungan, nah ambil sisi luar pada lajur. Kenapa harus mengambil sisi luar pada jalur? karena hal ini dapat membuat kita melihat keadaan sekitar tikungan yang akan dilewati.
2. Pada saat melihat tikungan, periksa keadaan disekitar tikungan, mulai dari kondisi jalan, keadaan dari jalur berlawanan, dan lain-lain. Fokuskan pandangan pada jalan yang kita lewati, nah pikirkan seolah-olah bayangan garis yang akan dilalui oleh motor kita pada jalan di ditikungan tersebut.
3. Rebahkan badan kedepan sedikit, hal ini dilakukan supaya lebih memberikan tekanan pada bagian depan motor dan membuat motor lebih mudah dikendalikan saat akan memasuki tikungan, lebih siap bermanuver, dan lebih pasti saat ngerem nya. Rebahkan badan sedikit kedepan dan pegangan kuat pada stang.
4. Lakukan dengan cara perlahan, hal ini akan membuat motor dengan sendirinya membelok mengikuti arah kemiringan badan kita.
5. Selagi motor membelok mengikuti kemiringan arah badan, fokus pandangan tetap pada keadaan jalan, jangan pernah lengah / lepas dari pandangan selama kita melakukan hal ini.
6. Saat motor masuk ke tikungan, perlahan putar gasnya untuk mendapatkan akselerasi, hal ini dapat membantu dalam mempertahankan traksi ban dan stabilitas dalam berkemudi. Tetap waspada dan fokus pada keadaan disekitar!!


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar